Jumat, 20 Januari 2012

Review: Nokia N9


1.Perkenalan
Nokia N9 salah satu smartphone yang paling ditunggu-tunggu. Mengandalkan OS MeeGo 1.2 Harmattan smartphone ini akan menjadi smartphone pertama dan terakhir dari Nokia yang menggunakan OS MeeGo. Dengan banderol sekitar 5,5 juta untuk versi 16GB, N9 diharapkan mampu bersaing dengan smartphone papan atas lainnya.
Spesifikasi Utama Nokia N9
  • Prosesor 1 GHz Cortex A8
  • GPU PowerVR SGX530
  • Layar 3.9 inci AMOLED, 480 x 854 pixel
  • OS MeeGo v1.2 Harmattan
  • Kamera 8 MP Carl Zeiss Optic, dual LED flash
  • RAM 1GB
  • Memori Internal 16 GB
  • Baterai Li-Ion 1450mAh
Video Unboxing
2.Desain & Bodi
Desain Nokia N9 sangat trendi dan terlihat mewah. Keseluruhan bodi berbahan plastik yang berkualitas dan membulat hampir di semua sisi dan sudutnya. Dengan dimensi 116.5 x 61.2 x 12.1 mm dan bobot 135 gram membuat Nokia N9 sangat nyaman dalam genggaman tangan.

Tampak depan sama sekali tidak terdapat tombol fisik dan sentuh sama sekali, ini lah yang menjadi keunikan dari Nokia N9. Pada tampak muka terdapat layar seluas 3.9 inci dengan resolusi 480 x 854 pixel dan menggunakan jenis layar AMOLED, layar N9 dikelilingi dengan frame berwarna hitam dan membulat di keempat sudutnya. Terdapat sebuah kamera depan dengan resolusi VGA di pojok kanan bawah.



Pada bagian belakang N9 memiliki desain yang minimalis. Desain unibodi dengan baterai sebesar 1450mAh ditanamkan ke dalam N9. Pada bagian belakang ponsel ini hanya ada sebuah kamera beresolusi 8MP dengan lensa optik Carl Zeiss yang dilengkapi dengan dual LED flash untuk pencahayaan. Bagian kamera terlihat manis dan mewah berkat perpaduan bingkai chrom dengan logo Nokia.



Pada sisi atas N9 terdapat port micro USB dan slot micro SIM, keduanya dilengkap dengan penutup sehingga terlihat lebih rapih. Di pojok kiri terdapat sebuah lubang audio 3.5mm untuk koneksi Headset.



Pada sisi kanan terdapat tombol volume up/down dan tombol lock/power yang dilapisi dengan lapisan chrom. Pada sisi kiri ponsel tidak terdapat tombol dan port apapun.



Pada sisi bawah terdapat lubang-lubang kecil yang berfungsi sebagai speaker out tempat keluarnya suara.

3.Antar Muka
Antar muka pada Nokia N9 menggunakan antar muka MeeGo OS yang memberikan pengalaman baru di mana penggunaannya lebih dimaksimalkan untuk sentuhan dan sapuan layar saja. Antar muka terlihat sangat cocok berkat dukungan layar 3.9 inci berjenis AMOLED, karena jenis layar AMOLED memberikan kepekatan pada warna hitam sangat baik melebihi jenis lair yang lain.

Antar muka terdiri dari 3 halaman berbeda. Halaman awal berisi menu-menu berupa ikon-ikon aplikasi yang berbentuk bulat seperti pada smartphone Nokia yang menggunakan OS Symbian Belle.



Halaman kedua adalah halaman multitasking, halaman ini berisi aplikasi-aplikasi yang masih berjalan dibelakang layar dan bisa kita pilih dengan mudah. Kita dapat juga menutup aplikasi yang sedang berjalan dengan cara menyentuh dan menahan jari kita selama beberapa detik sampai tertampil pilihan untuk menutup aplikasi tersebut. Penutupan aplikasi dapat dilakukan satu per satu atau semua sekaligus. Halaman multitasking ini dapat menampilkan 4 atau 9 aplikasi sekaligus dalam 1 halaman.
Nokia N9 Review Gallery


Halaman ketiga adalah halaman Feeds. Halaman ini menampilkan cuaca yang dapat kita atur sesuai dengan lokasi yang kita inginkan. Selain itu juga terdapat Feeds dari semua akun-akun yang telah kita tambahkan sebelumnya seperti Facebook, Twitter, Flickr dan lain sebagainya. Anda dapat mensortir Feed yang tidak anda inginkan juga.
Nokia N9 Review Gallery


Semua halaman antar muka ini dilengkapi dengan informasi waktu, konektivitas wifi, bluetooth, operator dan sisa daya baterai. Semua informasi tersebut ada pada sisi atas layar yang jika kita sentuh bisa menjadi jalan pintas untuk menuju ke pengaturan sederhana seperti pengaturan profil, volume, WiFi, Bluetooth dan status Facebook chat, Google Talk atau Skype.




Antar muka Nokia N9 sangat menarik dan sangat bagus. Semua navigasi dapat dilakukan hanya dengan sentuhan dan sapuan jari saja tanpa perlu tombol fisik sama sekali. Penggunaannya cukup mudah dikuasai dan memberikan user experience baru.
4.Input Teks
Input teks pada Nokia N9 mengandalkan keyboard full QWERTY yang ukurannya tidak terlalu besar namun masih nyaman dan akurat untuk digunakan. Selain mengetik biasa tersedia juga fitur SWYPE seperti yang ada pada smartphone Android.
Nokia N9 Review Gallery
5.Contacts
Phonebook pada Nokia N9 memiliki detail yang cukup lengkap. Semua kontak tersusun berdasarkan abjad dan tertampil cukup besar sehingga mudah dibaca. Pencarian kontak dapat dilakukan dengan mudah, bisa dilakukan melalui kolom pencarian di bagian atas atau melalui scrolling dari sisi kanan layar. Anda dapat menandai kontak-kontak pilihan anda sebagai favorit sehingga kontak tersebut akan naik menjadi urutan teratas untuk memudahkan pencarian.

Nokia N9 Review Gallery
Detail-detail yang terdapat pada kontak : nama depan, nama belakang, nomor telpon/mobile, alamat lengkap (kodepos, povinsi, regional, dll), job (company, department, job title), Birthday, Ringtone, Website dan Note.
Nokia N9 Review Gallery
6.Messaging
Messaging Nokia N9 termasuk lengkap dan sangat terintregasi yang terdiri dari SMS, MMS dan chatting. Anda dapat melakukan chat Skype, chat Facebook dan lainnya langsung dari dalam menu Messages. Dan semua chat atau pesan dapat anda sortir sesuai kategori layanannya sehingga tidak membingungkan.




Membuat pesan pada Nokia N9 mudah saja. tersedia kolom untuk menambahkan kontak yang tertanam fitur auto complete, setelah anda mengetikkan beberapa karakter akan muncul kontak yang anda inginkan, atau anda dapat menekan tombol plus di samping dan anda bisa memilih langsung kontak-kontak yang ingin anda kirimi pesan.
Nokia N9 Review Gallery


Nokia N9 juga dilengkapi dengan fitur Email yang cukup baik yang sudah terdapat fitur push. Tampilannya sederhana saja tetapi cukup bagus. Pada inbox pesan tersortir mulai dari yang terbaru sampe yang terlama. Di sisi kanan sedikit tersembunyi terdapat scroll bar yang dapat mempermudah anda mencari pesan Email. Email dapat disortir berdasarkan waktu, pengirim, ukuran, status atau prioritas. Terdapat juga kolom pencarian di bagian teratas untuk memudahkan pencarian pesan secara cepat.
Nokia N9 Review Gallery
7.Gallery
Galeri Nokia N9 sederhana dan tidak membingungkan. Foto-foto berupa thumbnail tertampil dalam susunan 3 x 5, yang dapat anda perbesar dengan menyentuhnya. Saat melihat sebuah foto anda dapat menjadikan foto tersebut sebagai foto favorit, menghapus foto, melakukan sharing foto melalui MMS, Email, Bluetooth, NFC dan akun social networking anda seperti Facebook.
Dalam galeri anda dapat melakukan scrolling untuk perpindahan foto dan melakukan pinch zoom. Pinch zoom berjalan dengan sangat halus dan lancar. Fitur-fitur standar seperti Slide Show, Set as avatar, Set as wallpaper, dan menambahkan Tags sudah tertanam dalam galeri Nokia N9.

Nokia N9 Review Gallery
8.Kamera
Nokia N9 dibekali dengan kamera beresolusi 8MP dengan resolusi maksimum 3264x2448 pixel. Lensa optik yang ditanamkan adalah lensa buatan Carl Zeiss.

Pada kamera terdapat 6 Scene yang dapat kita pilih yaitu automatic, Macro, Landscape, Potrait, Night, Sports. Pengaturan lainnya pun cukup lengkap termasuk pengaturan lampu LED flash, White balance, Exposure compensation, Colour filter. Selain itu juga terdapat pengaturan sensitivitas cahaya yaitu Automatic, ISO 100, ISO 200, ISO 400, ISO 800. Fitur seperti Face detection, GPS dan Geo tagging sudah tertanam pada kamera Nokia N9.

Selain itu anda dapat mengatur Aspect ratio kamera yang tentunya mempengaruhi ketajaman foto yang bisa dihasilkan oleh kamera pada N9. Aspect ratio yang dapat diatur yaitu :
  1. 16:9 (maksimal 7MP)
  2. 4:3 (maksimal 8MP)
  3. 3:2 (maksimal 7MP)
Nokia N9 Review Gallery
Kamera Nokia N9 cukup bagus dan mampu menghasilkan gambar yang cerah dan tajam. Walaupun tidak sebagus N8 atau iPhone 4S tetapi kamera N9 tergolong bagus dan sangat bisa bersaing dengan smartphone lain di kelasnya.

Hasil Foto Indoor - Tanpa Flash



Hasil Foto Indoor - Flash



Hasil Foto Outdoor - Automatic



Hasil Foto Indoor - Macro



Hasil Foto Outdoor - Macro

Video Recorder
Video recorder pada Nokia N9 mampu merekam dengan kualitas HD 720p. Terdapat pengaturan Scene : Automatic dan Video at Night. Pengaturan White balance, Exposure compensation, Colour filter dan Resolution (High 720p, Medium WVGA, Low VGA).
Nokia N9 Review Gallery


Hasil rekaman video dari kamera Nokia N9 berupa Mp4 dengan reslosui HD 1280x720p. Bit rate yang dihasilkan 132kbps dan Audio sample rate 48kHz. Hasil rekaman video cukup berkualitas dan bagus. Anda dapat melihat hasil rekaman video di bawah ini.

Hasil Rekaman Video
9.Music & Video
Tampilan Music player pada Nokia N9 menurut kami sangat bagus. Tampilan muka terbagi dalam 2 bagian atas dan bawah. Pada bagian atas terdapat kumpulan gambar album art dari lagu-lagu yang ada pada N9. Sedangkan di bagian bawah terdapat 5 buah kategori menu yang dapat dipilih yaitu Artists, Albums, Songs, Playlists dan Ovi Music. Semua isi dari kategori ini tertampil dalam bentuk list yang terdapat scroll bar di sisi kanannya yang mempermudah pencarian lagu secara lebih cepat.

Nokia N9 Review Gallery


Pada tampilan Now Playing terdapat album art yang cukup besar. Informasi yang ditampilkan cukup detail, mulai dari judul lagu, judul album, timeline lagu dan dapat juga melihat informasi detail lagu (semacam properties). Dibagian baris navigasi terbawah terdapat tombol back, favorit, shuffle, repeat dan menu.




Kualitas suara yang keluar dari speaker dari Nokia N9 cukup keras namun sayangnya terdengar biasa saja dan dukungan 1 speaker dirasa kurang. Tidak ada pengaturan equalizer pada Music playernya, namun pada settings terpisah terdapat fitur Dolby Mobile Sound Enhancement untuk mendukung suara yang bagus saat menggunakan headset.

Video Player
Video Player pada Nokia N9 tampilan awalnya sangat sederhana. Video-video akan tertampil dalam bentuk thumbnail yang cukup besar beserta judulnya saja.



Tampilan pada halaman now playing sangat sederhana, hanya terdapat baris navigasi di bagian bawah saat memainkan video. Pada baris navigasi di bawah hanya terdapat tombol back, Play/Pause, garis timeline video dan menu yang berisi pilihan untuk melakukan Sharing, Rename, Delete.

Selain itu di pojok kanan atas terdapat tombol details untuk melihat informasi video. Dalam halaman details ini terdapat juga related videos yang terhubung langsung dengan Youtube walaupun terkadang video yang ditampilkan tidak ada hubungan yang dekat dengan video yang diputar.



Secara keseluruhan performa video player cukup baik dan berkat dukungan layar AMOLED seluas 3.9 inci menonton video dirasa cukup memanjakan mata, warna-warna terlihat cerah, hitam yang pekat dan cukup tajam. Sayangnya tidak semua format video dalam bentuk HD dapat dimainkan, misalnya saat kami mencoba memainkan sebuah video HD dengan format .mkv video player tidak dapat menjalankannya dengan baik dan subtitle dalam bentuk file .srt tidak akan terbaca pada player N9. Namun untuk format-format umum seperti Mp4, AVI, WMV dan 3GP dapat dilahap oleh pemutar video N9 dengan lancar.
10.Browser
Browser dari Nokia N9 sangat sederhana dibandingkan dengan browser dari smartphone platform lain. Tampilan awalnya hanya terdapat sebuah kolom untuk memasukkan alamat website yang dibawahnya terdapat website rekomendasi dari Nokia yang berhubungan dengan N9. Di sebelah kolom memasukkan alamat terdapat menu yang hanya berisi 3 menu pilihan saja yaitu Open new window, Share this page dan Add to home screen. Tidak ada dukungan flash player pada browser Nokia N9.


11.Konektivitas
  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi hotspot
  • Bluetooth v2.1 with A2DP, EDR
  • microUSB v2.0
  • GPS, A-GPS support
12.Games
Terdapat 4 buah game bawaan yang telah terinstall di Nokia N9 yaitu Angry Birds Magic, Galaxy on fire 2, Need for speed shift, dan Real Golf 2011. Keempat game bawaan ini dapat dijalankan dengan lancar oleh Nokia N9. Namun minimnya dukungan aplikasi dan games yang berkualitas bisa menjadi nilai minus bagi Nokia N9 karena saat kami mengeksplorasi Nokia Store sangat sedikit game dan aplikasi untuk Nokia N9. Alien dalvik emulator yang diklaim akan mampu menghadirkan aplikasi Android untuk MeeGo pun sampai saat ini belum ada kabar kelanjutannya dan akan kami review dikemudian hari.




13.Daya Tahan Baterai
Nokia N9 dipersenjatai dengan baterai berkapasitas 1450mAh yang tertanam di dalam bodi N9. Untuk ketahanan kami rasa cukup bagus, karena OS MeeGo yang simple dan tidak terlalu memakan banyak daya tahan baterai. Saat review berlangsung baterai Nokia N9 mampu bertahan 1,5 hari tanpa dicharger sama sekali dengan posisi terkoneksi ke WiFi dengan penggunaan yang intens.
14.Kesimpulan
Nokia N9 memiliki desain yang sangat bagus terlihat mewah dan berkelas. Soal build quality sudah tidak usah diragukan lagi. Performanya dan daya tahannya pun cukup baik. Sedikit kekurangannya adalah hampir semua fiturnya tampak sederhana dengan pengaturan yang sederhana pula. Dukungan aplikasi untuk OS MeeGo juga tidak sesuai dengan yang diharapkan. Harga yang ditawarkan cukup tinggi untuk sebuah smartphone MeeGo dengan prosesor 1GHz single-core dan layar AMOLED 3.9 inci, dengan harga yang sama kita bisa mendapatkan smartphone alternatif lainnya bahkan dengan spesifikasi lebih tinggi. Apalagi Nokia telah menyatakan ini adalah smartphone MeeGo pertama dan terakhir dari mereka, walau mereka berjanji memberikan perhatian khusus namun seiring waktu berjalan kami yakin dukungan perlahan-lahan akan mulai ditarik.
Kelebihan :
  • Desain bagus dan tersedia warna-warna pilihan yang menarik
  • Performa lancar
  • Layar bagus dengan dukungan AMOLED dan Gorila Display
  • Antar muka bagus dan mudah digunakan
  • Kualitas kamera bisa diandalkan
  • Daya tahan baterai cukup kuat
Kekurangan :
  • Dukungan aplikasi dan game terbatas
  • Semua fiturnya sangat sederhana, pengaturannya pun sederhana
  • Untuk sebuah smartphone yang belum jelas masa depannya harganya cukup mahal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar