Kamis, 09 Februari 2012

Samsung Galaxy S II vs iPhone 4


Samsung Galaxy S II vs iPhone 4
Setelah mengadu Samsung Galaxy S II dengan LG Optimus 2X, kali ini kami akan melakukan ujicoba selanjutnya dengan mengadu Samsung Galaxy S II dengan iPhone 4. Dalam review kali ini, ada lima hal yang akan kami adu seperti layar, perpindahan menu, browser, hasil kamera, serta hasil rekaman video milik kedua handphone terlaris didunia ini.

Layar
Samsung Galaxy S II menggunakan layar Super AMOLED Plus dengan kedalaman 16 juta warna beresolusi 480 x 800 piksel berukuran 4.3 inci yang mana terjadi peningkatan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan layar SGS I yang menggunakan layar Super AMOLED. Peningkatan sangat jelas terlihat pada kontras, kedalaman warna, penggunaan diluar ruangan yang tetap terlihat jernih, ketajaman layar, dan tentu saja dalam hal konsumsi daya batery.

Jika SGS II menggunakan layar Super AMOLED Plus, iPhone 4 menggunakan layar berjenis IPS TFT kapasitif dengan kedalaman 16 jutawarna beresolusi 640 x 960 piksel (retina display) berukuran 3.5 inci.

Diatas kertas, resolusi layar iPhone 4 memang lebih tajam dari layar SGS II, apalagi layar iPhone 4 hanya berukuran 3.5 inci namun untuk ketajaman warna, kontras, dan kejernihan layar, layar SGS II terlihat lebih baik dari layar iPhone 4.
Perpindahan Menu
SGS II tampil dengan home screen yang dilengkapi dengan widget sehingga tampilannya lebih atraktif dan menarik sedangkan iPhone 4 hanya dilengkapi dengan layar menu dan tidak terdapat layar home screen sehingga perpindahan menunya terasa cepat dan seperti melekat pada jari saat anda memindahkan menu pada iPhone. Andai saja layar Samsung Galaxy S II tidak dilengkapi dengan layar home screen dan widget yang membuatnya berat, mungkin perpindahan menu SGS II dapat seresponsif milik iPhone 4. Pada ujicoba perpindahan menu, iPhone terlihat lebih baik bila dibandingkan dengan SGS II.

Browser
iPhone 4 menggunakan browser Safari Browser sedangkan SGS II menggunakan browser bawaan standar handphone. Sebagai informasi, pada ujicoba kali ini kami sudah menonaktifkan flash pada browser SGS II, jadi hasil ujicoba kali ini kami rasa cukup fair untuk kedua belah pihak. Dibawah ini adalah hasil ujicoba adu browser iPhone 4 dan SGS II.
Pada ujicoba adu browser yang kami lakukan, browser terlebih dahulu dibersihkan dari cache (clear cache). Dalam ujicoba adu browser, browser iPhone 4 terlihat lebih unggul dalam ujicoba browser yang kami lakukan sebanyak dua kali.
Hasil Foto
Ujicoba hasil foto adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. Pada ujicoba kali ini kami tidak perlu banyak memberikan informasi, anda dapat langsung melihat sendiri hasil foto SGS II vs hasil foto iPhone 4 dibawah ini.
Samsung Galaxy S II vs iPhone 4 Review Gallery
Terlihat hasil foto SGS II jauh lebih tajam dan jernih bila dibandingkan dengan hasil foto iPhone 4.
Hasil Rekaman Video
Dibawah ini adalah hasil rekaman video SGS II vs hasil rekaman video iPhone 4.

Kesimpulan
Untuk layar dan hasil foto serta video, Samsung Galaxy S II menang telak dari iPhone 4. Untuk perpindahan menu dan browser, iPhone 4 terlihat lebih baik karena OS yang ringan.

artikel terkait :
review : iphone 4s
review : samsung galaxy sII

Tidak ada komentar:

Posting Komentar