Jumat, 23 September 2011

Review: Samsung Galaxy S II

Tipis, cerdas, dan jernih, itulah tiga rangkai kata yang dapat menggambarkan sebuah masterpiece terbaru dari Samsung ini. Prosesor dual core, layar Super AMOLED Plus, serta ukuran yang tipis adalah tiga kelebihan paling menonjol dari Samsung Galaxy S II atau dikenal juga dengan nama lain Samsung I9100. Dibawah ini adalah spesifikasi resmi Samsung Galaxy S II.


Spesifikasi resmi :

  • Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz
  • HSDPA 850/900/1900/2100 Mhz
  • OS Android 2.3 Gingerbread dengan tampilan kustomisasi TouchWiz 4
  • Layar sentuh kapasitif berukuran 4.3 inci Super AMOLED Plus dengan kedalaman 16 juta warna beresolusi WVGA (480 x 800 piksel) dilengkapi dengan gorilla glass
  • Kamera beresolusi 8 MP autofokus dilengkapi dengan lensa wide-angle dan lampu flash LED dan kamera depan beresolusi 2 megapiksel
  • Perekaman video beresolusi 1080p dengan kecepatan 30 fps
  • Konektivitas Dual-band Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Bluetooth versi 3.0
  • GPS dengan dukungan A-GPS
  • Pilihan memori internal sebesar 16GB/32GB dan slot eksternal microSD (up to 32GB)
  • Sensor akselerometer, gyroscope, dan proximity
  • Jack audio standar 3.5mm
  • Dukungan HDMI Out menggunakan portUSB
  • Prosesor ARMv7 Dual Core 1.0 Ghz dan RAM sebesar 1 GB
  • Radio FM dengan dukungan RDS
  • Handphone Android tertipis saat ini (8.5mm)
  • Browser sudah mendukung flash
  • Dukungan NFC
  • Fitur untuk mengedit dokumen
  • Dukungan untuk membuka banyak format file video
Sebagai informasi saja, Samsung Galaxy S II yang kami review adalah versi prosesor Dual Core versi 1.0 Ghz.
Hardware
Desain Galaxy S II terlihat lebih elegan bila dibandingkan dengan SGS I. SGS II menggunakan bahan plastik berwarna gelap pada keseluruhan bagian handphone. Bahan plastik sengaja dipilih dan bukan tanpa sebab penggunaannya, ini untuk menekan bobot handphone agar menjadi ringan walapun dimensi handphone berukuran besar.
Lupakan masalah bahan pembuat handphone, kini kita menuju pada pembahasan mengenai layar handphone. SGS II menggunakan layar sentuh kapasitif berukuran 4.3 inci Super AMOLED Plus dengan kedalaman 16 juta warna beresolusi WVGA (480 x 800 piksel) dilengkapi dengan gorilla glass yang terlihat sangat-sangat memukau mata kami. Jujur saja peningkatan layar SGS I ke SGS II terlihat cukup signifkan walaupun keduanya menggunakan jenis layar AMOLED namun pada SGS II kini ditambahkan dengan embel-embel Plus karena terjadi peningkatan pada kedalam warna dan tingkat kecerahan warna. Selain itu, layar Super AMOLED Plus diklaim lebih irit daya batery bila dibandingkan dengan layar Super AMOLED pada SGS I.


Kami membandingkan tiga buah layar handphone yang sebanding seperti iPhone 4, SGS II, dan LG Optimus 2X untuk memainkan video klip beresolusi HD. Saat kami bandingkan kami mengambil kesimpulan bahwa layar iPhone 4 memiliki layar yang natural, layar terlihat putih dan tidak terlihat kebiruan atau kemerahan. Layar SGS II tampak sedikit kemerahan, untuk tingkat warna hitam, SGS II terlihat sangat pekat sehingga ketajaman warna dan kecerahan warna sangat-sangat baik. Sedangkan layar LG Optimus 2X terlihat kemerahan sehingga warna agak kurang netral walaupun terlihat tajam. Sebagai informasi, terdapat pilihan mode warna seperti dynamic, standar, dan movie dan untuk testing kami menggunakan mode standar.

Samsung Galaxy S II Review Gallery

Samsung Galaxy S II Review Gallery

Dibawah ini adalah video demo saat SGS II memainkan video beresolusi Full HD 1080p yang kami unduh dari YouTube. Layar SGS II benar-benar memukau mata kami.

Dibawah ini adalah foto-foto dimensi Samsung Galaxy S II.








Tampilan Antar-Muka, Kini Dengan TouchWiz 4.0 Terbaru

Tampilan antar-muka milik SGS II sudah mengalami peningkatan dengan adanya tampilan khas Samsung terbaru yaitu TouchWiz 4.0 (SGS I menggunakan TouchWiz 3.0). Perubahan yang pertama yang paling terlihat adalah pada lock screen, jika biasanya digeser kesamping kini anda dapat membuka lock screen dengan cara menggeser layar lock screen kearah manapun yang anda inginkan.

Samsung Galaxy S II Review Gallery
Pada tampilan widget juga terdapat perubahan, jika pada SGS I anda ingin menggunakan 2 widget maka anda harus dua kali menekan add widget pada home screen, sekarang pada SGS II anda dapat memilih widget yang anda ingin terapkan dengan hanya satu kali menekan add widget dan bebas memilih untuk menempatkan widget pada layar home screen yang tersedia. Jika pada handphone Android Samsung hanya dilengkapi dengan pilihan live wallpaper yang terkesan itu-itu saja, kini SGS II sudah dilengkapi dengan pilihan live wallpaper terbaru yang terlihat lebih atraktif. Sebagai informasi saja live wallpaper terbaru yang terdapat pada SGS II terhubung dengan ramalan cuaca AccuWeather sehingga wallpaper akan menyesuaikan dengan kondisi cuaca yang ada. Misalnya cuaca hujan makan live wallpaper akan ikut hujan.

Samsung Galaxy S II Review Gallery
Terdapat total 7 layar home screen yang dapat anda pasangkan. Standarnya, hanya terdapat 3 buah layar home screen, namun jika anda merasa kurang banyak anda dapat menambahkan hingga 7 buah layar home screen.

Samsung Galaxy S II Review Gallery
Untuk melihat notifikasi anda dapat menggeser layar bagian atas kearah bawah, selain itu juga terdapat manjemen konektivitas pada layar notifikasi SGS II.

Samsung Galaxy S II Review Gallery
Menu ditampilkan dengan tampilan kesamping, anda dapat membuat folder baru atau halaman menu baru dengan mudah. Satu lagi fitur terbaru yang ada pada SGS II, anda dapat sharing aplikasi langsung dari menu menggunakan Wi-Fi, Bluetooth, Email, dll.


Samsung Galaxy S II Review Gallery


Phonebook Terintegrasi

Sebagai handphone pintar, SGS II tidak memiliki batas penyimpanan pada phonebook. Phonebook SGS II sudah terintergasi dengan akun jaringan sosial dan Gmail dan ini sudah menjadi standar handphone Android saat ini. Satu kelemahan handphone ini, phonebook tidak dapat menampilkan kontak yang terdapat pada kartu SIM. Anda harus memindahkan kontak yang terdapat pada lartu SIM ke phonebook handphone terlebih dahulu jika ingin melihat kontak yang terdapat pada kartu SIM anda.


Samsung Galaxy S II Review Gallery


Terdapat dua tempat penyimpanan kontak yaitu pada Google Akun dan memori handphone. Tersedia detil kontak seperti foto personal, nada dering personal, alamat email, dll.
Input Teks dan Fitur Pesan

Terdapat beberapa cara untuk melakukan input teks seperti menggunakan keyboard QWERTY portrait/landscape, handwriting recognize, dan keypad alfanumerik. Tidak terdapat metode input SWYPE khas Samsung dikarenakan test unit yang kami review belumlah versi final yang akan dijual kepasaran nantinya.


Samsung Galaxy S II Review Gallery


Samsung Galaxy S II dapat digunakan untuk mengirimkan pesan seperti SMS, MMS, Email, dan IM. SMS tergabung menjadi satu editor bersama dengan MMS, untuk mengubah SMS menjadi MMS anda dapat menambahkan konten multimedia pada SMS. Terdapat 160 karakter pesan yang dapat anda gunakan untuk mengirimkan SMS.


Samsung Galaxy S II Review Gallery


Untuk email, anda dapat menggunakan email bawaan Google seperti Gmail. Untuk email lainnya anda dapat melakukan pengaturan email secara manual.


Samsung Galaxy S II Review Gallery


Untuk IM bawaan terdapat Gtalk, untuk menggunakan IM lainnya anda dapat mendownloadnya pada Android Market.


Samsung Galaxy S II Review Gallery
Multimedia

Pemutar Musik

Pemutar musik tampil dengan tampilan khas Android, pemutar musik akan memisahkan lagu berdasarkan album, penyanyi, dan semua lagu. Saat lagu dimainkan terdapat tampilan album art. Pilihan EQ seperti auto, normal, pop, rock, jazz, dance, klasik, live, dan kustom sudah terdapat pada pemutar musik. Sound effect 3D dapat anda gunakan, namun anda harus menggunakan headset untuk mendengarkan effect suara 3D. Kualitas suara speaker terdengar bagus, suara bass dan treble pada lagu bergenre up beat milik Black Eyed Peas dapat dimainkan dengan baik. Selain itu, kami mencoba memutar musik klasik untuk ujicoba lebih detil dengan pilihan EQ klasik, suara speaker juga terdengar sama baiknya. Two Thumbs up buat pemutar musik SGS II.


Samsung Galaxy S II Review Gallery
Galeri Foto

Galeri foto SGS II terlihat sama dengan galeri handphone Android lainnya, tidak terdapat kustomisasi tampilan pada galeri foto SGS II yang tampil dengan tampilan 3D. Zoom-in foto dapat dilakukan dengan 3 cara seperti mengetuk layar secara cepat sebanyak 2x, melakukan pinch dan zoom, serta menggunakan tombol zoom-in virtual. Sebagai handphone berprosesor dual core, kecepatan SGS II dalam melakukan zoom-in tidak perlu diragukan lagi, tidak terdapat rendering saat melakukan zoom-in foto yang kami ambil dari kamera DSLR kami. Foto dapat anda share via Bluetooth, AllSharem Picasa, dan Wi-Fi.

Samsung Galaxy S II Review Gallery
Pemutar Video

Pemutar video bawaan SGS II dapat memutar banyak format video seperti WMV, AVI (DivX dan XviD), MP4, dan MKV (H.264). Semua video dapat dimainkan dengan lancar tanpa terlihat patah-patah kecuali video berformat MKV beresolusi 1080p yang kami ujicoba. Sebagai informasi, untuk video lainnya selain format MKV yang kami ujicoba, semua video beresolusi minimal HD.

Radio FM Dengan Dukungan RDS

SGS II dilengkapi dengan fitur Radio FM dengan dukungan RDS. Tampilan Radio FM terlihat sederhana sehingga mudah digunakan. Stasiun radio dapat anda cari secara manual ataupun otomatis dan dapat anda simpan.

Samsung Galaxy S II Review Gallery
Konektivitas

Samsung Galaxy S II berjalan pada jaringan Quad Band GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz dan HSDPA 850/900/1900/2100 Mhz. Untuk konektivitas lokal terdapat Wi-Fi 802.11 b/g/n Dual Band yang berjalan pada jaringan 2.4GHz dan 5GHz dengan dukungan DLNA AllShare serta Wi-Fi Tethering dan Bluetooth versi 3.0 dengan kecepatan transfer yang tinggi. Untuk bertukar dari data ke handphone ke PC atau sebaliknya anda dapat menggunakan kabel data. SGS II sudah support HDMI out untuk menonton video dari handphone pada layar TV HD anda. Yang terakhir terdapat NFC yang mana penerapannya di Indonesia belum dapat dilakukan.


Samsung Galaxy S II Review Gallery


Sebagai informasi, tidak terdapat port miniHDMI pada SGS II, sebagai gantinya terdapat port MHL yang mana bentuknya sama seperti port MicroUSB. Port MHL dapat digunakan untuk transfer video serta mengisi batery.

Browser

Browser SGS II sudah support flash 10.1 karena penggunaan prosesor ARMv7. Flash milik SGS II dapat memainkan game flash Facebook CityVille dan YouTube versi dekstop saat kami ujicoba. Layar beresolusi tinggi milik SGS II sangat memanjakan mata saat browsing, kinetik scrolling dan pinch dan zoom terasa sangat cepat dan tidak terdapat jeda yang berarti.


Browser dapat digunakan untuk membuka sampai dengan maksimal hingga 8 tab windows. Dengan dukungan prosesor dual core, video beresolusi 1080p pada YouTube dapat dengan mudah dimainkan pada SGSI II.


Samsung Hub

Terdapat 3 buah Hub baru selain Social Hub yang sudah terdapat pada handphone Android Samsung sebelumnya yaitu Game Hub, Music Hub, dan Readers Hub. Seperti biasa, social hub berfungsi untuk menampung email dan jaringan sosial seperti Facebook, Twitter, MySpace. Setelah menggisikan akun email dan jaringan sosial anda akan dapat melihat update status teman anda.

Samsung Galaxy S II Review Gallery
Game Hub berguna untuk mendownload game serta bermain game multiplayer dengan orang lain yang juga memiliki game yang sama dengan yang ada pada SGS II anda melalui jaringan internet. Terdapat dua buah pilihan game social game dan premium games. Selain itu juga terdapat pilihan untuk mencoba memainkan game terlebih dahulu sebelum anda membelinya.

Samsung Galaxy S II Review Gallery
Readers Hub berguna untuk membaca e-book dan mendownload e-book. Terdapat beberapa pilihan e-book seperti koran, majalah, dan buku.

Samsung Galaxy S II Review Gallery
Music Hub berguna untuk melihat lagu yang sedang In secara online berdasarkan kategori seperti top chart, new release, dll. Anda juga dapat mendengarkan lagu yang anda inginkan sebelum anda membelinya.
Navigasi GPS Dengan Bantuan Google Maps

Samsung Galaxy S II dilengkapi dengan Google Maps bawaan versi 5 (5.2.1) yang dapat menampilan maps dengan tampilan 3D. Layar berukuran besar sangat nyaman saat kami gunakan untuk melakukan navigasi. Sebagai informasi tampilan 3D belum terdapat di Indonesia, anda dapat menggunakan tampilan lainnya seperti satelite, street view, dan terrain.

Samsung Galaxy S II Review Gallery
Saat kami ujicoba GPS, tidak sampai 3 menit GPS sudah terhubung dengan satelite, ini karena adanya dukungan A-GPS yang mempercepat posisi penguncian satelite.
Aplikasi Bawaan Samsung Galaxy S II

Polaris Office

Aplikasi office ini dapat digunakan untuk membuka dan mengedit dokumen office seperti ppt, xls, pdf, dan doc. Aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk membuat file dokumen office baru hanya dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file dokumen.


Samsung Galaxy S II Review Gallery


AllShare

Fitur ini berguna untuk sharing file multimedia seperti foto, video, lagu menggunakan Wi-Fi dengan dukungan DLNA ke perangkat elektronik lainnya yang juga sudah mendukung AllShare dan bersertifikasi DLNA.


Samsung Galaxy S II Review Gallery


MyFiles

Aplikasi ini berfungsi untuk memanage file dan folder yang terdapat pada SGS II anda. Fungsinya sama seperti file manajer pada handphone lainnya. Terdapat beberapa fungsi seperti copy, cut, dan paste.


Samsung Galaxy S II Review Gallery


Kies Air

Kies Air adalah aplikasi untuk mengubungkan handphone dengan PC. Anda dapat mengontrol semua yang terdapat pada handphone seperti kontak, video, foto, lagu, url web, microSD, pesan, dll menggunakan PC anda dengan catatan anda harus mengubungkan PC dengan SGS II anda menggunakan jaringan Wi-Fi.


Samsung Galaxy S II Review Gallery


Photo Editor

Dari namanya kita sudah tahu aplikasi ini adalah aplikasi untuk mengedit foto. Aplikasi ini bukan aplikasi foto kacangan, terdapat banyak fitur-fitur untuk membuat foto anda semakin terlihat berwarna dan mengesankan.


Samsung Galaxy S II Review Gallery


Task Manager

Fitur ini berguna untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan, menghapus aplikasi yang terdapat pada handphone, serta menutup (task kill) aplikasi yang sedang berjalan.


Samsung Galaxy S II Review Gallery
Performa dan Benchmarking

Samsung Galaxy S II yang kami miliki masih menggunakan prosesor dual core versi 1.0 Ghz dan RAM sebesar 1 GB. Dibawah ini adalah hasil benchmarking dari Samsung Galaxy S II.
  • Quadrant Standar 1903 point
  • Antutu : 3809 point
  • Neocore : 58.5 fps
  • Multitouch Test : 10 sentuhan

Samsung Galaxy S II Review Gallery
Walaupun SGS II yang kami ujicoba masih menggunakan prosesor dual core versi 1.0 Ghz, namun handphone ini sudah terasa powerful performanya. Seperti saat memainkan video beresolusi 1080p berformat AVI yang terlihat lancar serta saat melakukan zoom-in dan kinetik scrolling. Bayangkan jika SGS II yang akan masuk ke Indonesia adalah versi prosesor 1.2, bagaimana performanya.

Kamera

SGS II dilengkapi dengan kamera beresolusi 8 megapiksel autofokus yang dilengkapi dengan lampu flash LED, sedangkang pada bagian depan terdapat kamera beresolusi 2 megapiksel yang berfungsi untuk memotret dan melakukan panggilan video. Terdapat pengaturan kamera yang dapat anda gunakan seperti flash mode, shooting mode, scene mode, EV, fokus mode, timer, pilihan resolusi, white balance, ISO, metering, geotagging, dan zoom digital sebanyak 4x.


Samsung Galaxy S II Review Gallery


Perekam Video

Kamera Perekaman video beresolusi 1080p dengan kecepatan 30 fps dan hasilnya disimpan dalam format MP4. Dibawah ini adalah hasil rekaman video SGS II.

Batery

Samsung Galaxy S II menggunakan batery Li-Ion 1650 mAh yang sanggup bertahan hingga 710 jam (2G) dan 610 jam (3G) untuk standby. Saat digunakan untuk melakukan panggilan, handphone dapat bertahan hingga 18 jam 20 menit (2G) dan 8 jam 40 menit (3G).

Kesimpulan

Handphone ini terlihat sangat baik pada layarnya yang menggunakan Super AMOLED Plus, selain itu dukungan performa prosesor dual core semakin menyempurnakannya.

Kelebihan :
  • Ketajaman layar yang sangat mengagumkan
  • Performa handphone yang baik
  • Hasil kamera yng jernih
  • Kualitas suara yang baik
  • Pemutar video yang dapat memutar banyak format video

Kelemahan :
  • Bahan pembuat handphone yang terbuat dari plastik
  • Tidak terdapat tombol shutter kamera
  • Tidak terdapat slot memori hotswap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar