Jumat, 24 Februari 2012

Review Ponsel Android, Acer beTouch E210


Tidak puas dengan meluncurkan sepasang ponsel pintar berbasis Android (Acer Liquid & Acer Liquid Metal) serta dua buah tablet perdana buatannya (Acer Iconia Tab A500 & Acer Iconia Tab A100) beberapa waktu lalu, Acer kini dikabarkan memiliki sebuah ponsel pintar baru. Ponsel yang dipersiapkan oleh produsen asal Taiwan tersebut adalah Acer beTouch E210. Seperti apa spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh ponsel ini? Simak ulasan selengkapnya.
Acer beTouch E210 hadir dengan menawarkan rancangan yang cukup inovatif. Ponsel yang dibanddrol dengan harga yang cukup terjangkau, sekitar Rp. 1.5 juta, selain memiliki papan ketik QWERTY juga didukung oleh layar sentuh atau touchscreen. Layar sentuh yang dipasang pada ponsel ini merupakan layar sentuh resistif 256k warna, 320×240 piksel dengan ukuran 2.6 inci. Namun sayang, layar yang diandalkan oleh Acer beTouch E210 terasa kurang responsive saat digunakan untuk navigasi. Untuk menutupi kekurangan tersebut, Acer beTouch E210 menyediakan Trackpad navigation.
Acer beTouch E210 memiliki rancangan lekuk bodi dan lis chrome khusus di sudut atas dan sekeliling bodi yang mirip dengan ponsel BlackBerry Onyx. Sementara untuk bahannya, cover yang digunakan untuk ponsel dengan dimensi 116x63x12mm dan berat 109gr ini adalah berbahan plastik glossy, yang pada belakang terasa agak kesat.
Dalam hal spesifikasi, Acer beTouch E210 yang merupakan ponsel berbasis sistem operasi Android 2.2 Froyo didukung oleh prosesor Qualcomm MSM7227 600MHz plus memori 256MB RAM, 512MB ROM dan slot microSD yang mendukung hingga kapasitas 32GB. Spesifikasi ini yang membuat ponsel buatan Acer tersebut memiliki tamiplan antarmuka utama yang mirip dengan ponsel-ponsel berbasis Android Froyo kebanyakan. Ponsel ini memiliki 5 homescreen yang bisa dijejalkan widget menu/aplikasi favorit.
Bagi yang hobi mencari informasi melalui koneksi internet atau sekedar bersosialisasi melalui jejaring social, Acer beTouch E210 sudah didukung dengan jalur data HSDPA, dengan kecepatan maksimal hingga 7.2 Mbps. Dengan kecepatan yang dijanjikan yang pengguna ponsel dapat browsing, mengunduh konten serta streaming video dengan lebih cepat. Untuk memperbesar tampilan browser, pengguna dapat menggunakan tombol virtual zoom atau dengan cara double tap. Acer beTouch E210 juga memiliki fitur koneksi WiFi 802.11 b/g yang juga bisa dijadikan sebagai hotspot WiFi. Sedangkan untuk memindahkan file ke perangkat lain, pengguna dapat memanfaatkan Bluetooth dan kabel data microUSB.
Dalam hal multimedia, Acer beTouch E210 menawarkan fitur kamera 3.2 megapiksel yang dapat digunakan untuk mengabadikan momen dengan kualitas yang cukup baik. Kamera ponsel ini dilengkapi dengan mode pengaturan white balance, brightness, timer, color effect, ISO, exposure, digital zoom, serta geo-tagging. Kamera pada Acer beTouch E210 juga dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas resolusi maksimal 720×480 piksel berformat MPEG4. Dengan dipadukan aplikasi lain, kamera pada ponsel ini dapat digunakan untuk scanner barcode dan QRcode.
Ponsel yang telah mendukung untuk multitasking ini dilengkapi dengan sarana hiburan berupa music player, radio FM, Nemo Player (membuka foto, video dan audio), Spinlet (aplikasi streaming musik), YouTube juga Media Server, yakni fasilitas untuk berbagi file (audio, video, foto) dengan perangkat lain via koneksi WiFi. Namun sayang, kualitas suara saat digunakan untuk memutar music yang dikeluarkan melalui speaker di bagian belakang bodi kurang maksimal.
Bagi yang sering memanfaatkan ponsel sebagai perangkat untuk memperlancar bisnis Acer beTouch E210 menyediakan Document to Go meski hanya versi free yang hanya bisa untuk membuka file Office (word, excel, power point) tanpa bisa mengedit atau membuat file baru. Bagi anda yang menginginkan versi lengkap, pengguna dapat membelinya melalui Android Market. Selain itu, Acer beTouch E210 juga menawarkan fitur RoadSync untuk sinkronisasi Email, attachment file, contact serta calendar secara wireless via Microsoft Active Sync. Ponsel ini dilengkapi juga dengan fitur News & Weather yang menyediakan update berita dan cuaca secara online dan real time. Fitur navigasi digital (GPS/A-GPS) plus peta digital Google Maps juga telah ditanamkan pada ponsel ini.
Acer beTouch E210 memiliki fitur bawaan khas Acer berupa Acer Setting untuk membantu pengguna dalam pengaturan WiFi, Bluetooth, GPS, Phone, Network, Ringtone, Brighness, Screen Timeout. Fitur khas bawaan lainnya adalah Acer Registration dan Acer Sync yang berfungsi untuk singkronisasi Contact, Calendar, Foto, Video dengan PC/Notebook.
Ponsel pintar buatan Acer ini dilengkapi dengan baterai jenis Lithium ion 1300 mAh yang dapat menopang pemakaian secara terus menerus selama 7-8 jam.
Berikut adalah spesifikasi dan fitur Acer beTouch E210:
Jaringan: Quadband GSM (850/900/1800/1900 MHz)/HSDPA; Dimensi: 116x63x12mm; Berat: 109gr; Layar: 2.6 inci, TFT Resistive touchscreen 256k warna, 320×240 piksel; OS: Android 2.2 Froyo; Prosesor: Qualcomm MSM7227 600MHz; Memori internal: 256MB RAM, 512MB ROM; Memori eksternal: microSD up to 32GB; Transfer data: HSDPA 7.2Mbps, HSUPA 2Mbps, EDGE, GPRS; Kamera: 3.2 MP, Digital zoom, video recorder; Messaging: SMS, MMS, Email, Push Mail; Konektivitas: WiFi 802.11 b/g, Bluetooth 2.1 with A2DP, kabel data microSD, audio jack 3.5mm; Browser: HTML; Fitur lain: Facebook, TwitDroyd (Twitter), Picasa, GPS/A-GPS, Google Search, GMail, Google Maps, Latitude, Navigation, Places, Android Market, Modem, Java, Calendar, Calculator, Clock, Audio/video player, radio FM, Voice recorder; Baterai: Lithium ion 1300 mAh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar