Jumat, 24 Februari 2012

HTC ThunderBolt 4G Review



HTC ThunderBolt 4G Review

HTCThunderBolt menggunakanlayar touchscreen 4,3"dengan prosesor 1GHzSnapdragon, kamera 8 megapixel dengan dual-LED flash. HTC ThunderBolt akan menggunakankonektivitas LTE yang mendukung kemampuan 4G.


Hardware


HTC ThunderBolt menggunakan layar TFT touchscreen 4.3" dengan tingkat resolusi WVGA (480x800) pixel. Layar mampu menghasilkan warna yang hidup dan cerah dengan tingkat kontras yang baik. Tapi sayangnya layar tidak memiliki visibilitas yang baik di bawah sinar matahari langsung. Layar menjadi gelap dan sulit untuk dilihat meski fitur backlight sudah digunakan.





Dibawah layar, terdapat 4 tombol navigasi touchscreen dengan tingkat sensitivitas yang terdiri dari home, menu, back, dan search. Lalu di atas layar terdapat LED status indicator yang akan berkedip hijau ketika Anda mendapatkan sebuah pesan baru dan akan menjadi warna merah bila Anda sedang charging, lalu juga terdapat kamera 1.3 megapixel. Di bagian atas terdapat tombol power/lock serta headset jack 5.3mm. Di bagian kanan terdapat tombol pengaturan volume dan di sisi kiri terdapat microUSB port.





Di bagian belakang terdapat kamera autofocus 8 megapixel dengan dual-LED flash dan sebuah kickstand yang datang digunakan ketika menonton video tapi sayangnya kickstand akan menutupi speaker bila tidak digunakan. Di belakang chassis terdapat SIMcard slot dan microSDHC memory card slot.





Interface


HTC ThunderBolt menggunakan OS Android 2.2.1 Froyo yang dilengkapi dengan versi terbaru dari user interdace HTC Sense. Anda dapat menata 7 homescreens yang tersedia dengan menambahkan ikon-ikon widget tanpa harus menekan homescreen dalam waktu yang lama cukup menekan ikon paintbrush palette di bawah kanan homescreen. Untuk tambahan kustomisasi, Anda dapat memilih dari 6 scenes yang berbeda (Verizon, HTC, Social, Work, Play, dan Travel) dan setiap scenes memiliki tampilan layout tersendiri. Tidak hanya itu Anda juga dapat memilih 5 skin (HTC, Black Board, Metal, Slate, dan Kayu) yang juga akan mengubah tampilan setiap scenes.


User interface HTC Sense memiliki kemampuan untuk menanggani social networking dengan aplikasi Friend Stream. Aplikasi ini akan menggabungkan konten dari akun Facebook dan Twitter Anda. Selain Anda dapat membaca pesan-pesan terbaru dari teman-teman Anda, Anda bahkan juga dapat memposting tweet dan status Anda secara bersamaan tanpa perlu menjalankan dua aplikasi ini secara yang terpisah. Selain itu Anda juga dapat mengambil gambar dan meng-upload foto tersebut secara langsung ke akun jejaring sosial Anda.


Jika Anda suka mengambil foto dan mencatat informasi penting tentang foto tersebut, Anda harus mencoba aplikasi berbasis lokasi yaitu HTC Footprints app. Pada dasarnya, aplikasi ini akan menunjukkan koordinat GPS dari foto yang Anda ambil dan mengkategorikannya berdasarkan preferensi Anda - seperti belanja, makan, rekreasi, dan lain-lain. Sayangnya HTC ThunderBolt untuk saat ini belum didukung oleh HTCSense.com website sehingga Anda tidak dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Tapi Anda bisa mendownload program HTC Sync, yang dapat digunakan untuk melakukan sync ponsel Anda dengan komputer Anda.


Kamera


HTC ThundeBolt menggunakan kamera autofocus 8 megapixel dengan dual-LED flash. Karena tidak terdapat tombol khusus untuk kamera, maka Anda dapat menggunakan layar kamera untuk mengatur fokus dari kamera dan Anda tinggal menekan ikon shutter di sisi kanan. Terdapat beberapa efek yang dapat digunakan pada interface kamera HTC Thunderbolt. Anda dapat mengaksesntya dengan menekan ikon magic wand yang ada di sisi kanan interface, lalu Anda akan mendapatkan efek-efek kamera yang berbeda seperti Distortion, Vignette, Depth of Field, Vintage, Vintage Warm, Vintage Cold, Grayscale, Sepia, Negative, Solarize, Posterize, dan Aqua.





Kamera HTC ThunderBolt mampu mengambil gambar dengan baik selama tingkat pencahayaan yang didapatkan kamera cukup. Gambar outdoor yang kami ambil memiliki warna yang cukup hidup, dengan hasil yang tajam dan memiliki tingkat detail baik. Tapi kami menyadari bahwa hasil foto pada area yang terang memiliki kecenderungan menjadi overexposed dan hanya terlihat bewarna putih saja. Untuk indoor kualitas gambar masih terbilang baik jika terdapat cukup cahaya. Namun dalam kondisi pencahayaan yang rendah, gambar mulai terlihat kasar dan kurang dalam segi warna. Dual-LED flash mampu menerangi sesi pemotretan dengan baik.
Perekam Video


Kamera HTC ThunderBolt mampu merekam video dengan tingakt resolusi (1280x720) pixeldengan 28 frame-per-detik dan data ratesebesar 8 Mbps. Bila video dilihat pada komputer, warna dari video yang direkam terlihat jenuh. Tapi video memiliki tingkat detail yang baik, namunhasil video terasa tersendat meskipun kami memegang handset dengan benar dan hanya menyoroti pemandangan secara perlahan-lahanJadi kami rasa lebih baik Anda tidak menggerakkan kamera pada saat merekam video.Sayangnnya perekam video hanya dapat merekam Mono audio.

Music Player



Music player menampilkan beberapa option pilihan pada modus potrait tapi dengan memiringkan handset ke mode landscape maka music player akan menampilkan cover-flow sehingga Anda dapat memilih album dengan mudah. Kualitas audio dari HTC ThunderBolt terbilang baik tapi Anda harus membuka kickstand untuk mendapatakan hasil suara terbaik. Terdapat beberapa preset equalizer yang dapat digunakan tetapi kami merasa hasil audio terbaik didapatkan tanpa menggunakan equalizer yang ada.


Konektivitas


HTC ThunderBolt menggunakan dual-band CDMA dan single-band LTE yang memungkinkan HTC ThunderBolt menggunakan kemampuan jaringan 4G. HTC Thunderbolt juga dilengkapi dengan Wi-Fi (802.11b, 802.11g, 802.11n), Bluetooth EDR versi 2.1, dan microUSB port. Dengan 4G Mobile Hotspot, HTC ThunderBolt dapat terhubung dengan 8 device dan menjadi hotspot bagi perangkat yang terhubung.


Browser


Tentu saja browser dengan basis webkit dari Android akan menampilkan website secara sempurna seperti browser pada desktop. Lalu browser juga mendukung multitouchpinch-to-zoom, dan konten-konten Adobe Flash.Salah satu kemampuan utama dari HTC Thunderbolt adalah Anda dapatmenggunakan kemampuan dari 4G, seperti melakukan browsing pada sebuah website sambil berbicara di telepon secara bersamaan.
Penilaian


Kelebihan

- Kecepatan transfer data LTE 4G
- Dapat melakukan web browsing dan menelepon secara bersamaan
- UI HTC Sense yang flexibel
- Kamera 8 megapixel dengan kualitas yang baik
- Memory card 32GB sudah diberikan

Kekurangan


- Suara telepon mendengung pada volume tinggi
- Video chat via skype belum tersedia
- Terdapat perbedaan kualitas layar pada perangkat yang sama

Spesifikasi HTC ThunderBolt :



- 4.3-inch display WVGA (480x800) pixel, 16,78 million colors
- Android OS 2.2.1 Froyo
Processor 1GHz Snapdragon
- 8 megapixel camera (primary)
- 1.3 megapixel camera (secondary)
- 1080p Full HD video recording and playback
- Dual-band CDMA dan single-band LTE
- WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth, microUSB port
- Kickstand
- 16GB Internal Memory | Expansion per 128GB microSDXC
- Battery 1800 mAh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar